Scroll untuk baca artikel
Bonek Bule
TOP SAGU
TOP SAGU
TOP MEDIA
ENTREPRENEURSHIP

10 Produk Wirausaha Paling Diminati Pasar Ekspor

6
×

10 Produk Wirausaha Paling Diminati Pasar Ekspor

Sebarkan artikel ini
Produk hasil wirausaha Indonesia seperti kerajinan, furnitur, hingga kopi cukup diminati di pasar global. (Foto: Pinterest)
toplegal

TOPMEDIA – Pasar ekspor global terus membuka peluang besar bagi pelaku wirausaha Indonesia, terutama sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang mampu menghadirkan produk unik, berkualitas, dan berbasis lokal.

Dengan dukungan digitalisasi dan kebijakan pemerintah, ekspor produk wirausaha kini menjadi strategi pertumbuhan yang menjanjikan.

ROYALTI MUSIK

Disini akan mengulas 10 produk wirausaha yang paling diminati pasar ekspor berdasarkan tren perdagangan, permintaan internasional, dan potensi nilai tambah.

10 Produk Wirausaha Terpopuler di Pasar Ekspor

Berikut daftar produk wirausaha yang mencatat permintaan tinggi di pasar ekspor:

1. Kopi Specialty – Komoditas ini banyak diminati di negara Amerika Serikat, Jepang, dan Jerman. Diminati karena memiliki cita rasa unik dan adana tren third wave coffee atau gerakan dalam budaya kopi yang memandang kopi sebagai produk seni dan terroir, bukan sekadar minuman fungsional.

Baca Juga:  Dari Olahraga ke Bisnis: Raya Run 2025 Buka Peluang Bagi UMKM dan Ekonomi Kreatif

2. Produk Herbal & Jamu – Komoditas ini banyak diminati di negara Malaysia, Arab Saudi, dan Belanda. Diminati karena menjadi bagian dari gaya hidup sehat dan merupakan warisan budaya.

3. Furnitur Kayu – Komoditas ini banyak diminati di negara Australia, Inggris, dan Prancis. Diminati karena keunikan desain yang etnik dan ramah lingkungan.

4. Fashion Muslim – Komoditas ini banyak diminati di negara Timur Tengah dan Eropa. Diminati karena desain modest fashion-nya yang kreatif dan kualitas jahitannya.

5. Makanan Ringan Tradisional – Komoditas ini banyak diminati di negara Korea Selatan dan Singapura. Diminati karena rasanya yang otentik dengan kemasan modern yang higienis.

6. Kerajinan Tangan – Komoditas ini banyak diminati di negara Amerika Serikat, Kanada, dan Italia. Diminati karena proses pembuatan secara handmade dan memounyai nilai seni tinggi.

Baca Juga:  10 Usaha Handmade Viral dan Menguntungkan yang Dijalani Kaum Muda

7. Produk Perawatan Kulit Alami – Komoditas ini banyak diminati di negara Jepang, Jerman, dan Uni Emirate Arab (UAE). Diminati karena bebas bahan kimia dan berkembangnya tren clean beauty.

8. Sepatu Kulit Handmade – Komoditas ini banyak diminati di negara Prancis, Belgia, dan Amerika Serikat. Diminati karena kualitasnya yang premium dan memiliki desain klasik.

9. Tas Anyaman & Ecobag – Komoditas ini banyak diminati di negara Belanda, Swedia, dan Australia. Diminati karena ramah lingkungan dan berdesain kontemporer.

10. Produk Olahan Kelapa – Komoditas ini banyak diminati di negara India, China, dan Rusia. Diminati karena serbaguna dan memiliki beragam produk turunan, seperti minyak, gula, sabut, arang, dan lain-lain.

Produk wirausaha Indonesia yang mampu menembus pasar ekspor memang tidak diragykan lagi kualitasnya dan mamu berbasis.

Produk wirausaha diantaranya berbasis raw material lokal dengan nilai kultural (kopi single origin, rempah, kerajinan) memiliki daya tarik tinggi karena keunikan dan narasi produk.

Baca Juga:  Mahasiswi PCU Surabaya Sulap Sampah Plastik Jadi Interior Estetik nan Ramah Lingkungan

Didukung oleh tren global, produk-produk clean beauty, sustainable goods, artisanal food, dan ethical fashion mendorong permintaan produk Indonesia yang autentik dan ramah lingkungan.

Bagi produk-produk wirausaha yang mampu menembus pasar ekspor memang harus bersertifikasi internasional, memiliki standar kualitas yang konsisten, kapasitas produksi yang memadai, logistik dan akses pasar yang baik.

Produk wirausaha Indonesia memiliki daya saing tinggi di pasar ekspor berkat keunikan lokal, kualitas produksi, dan tren global yang mendukung gaya hidup sehat serta keberlanjutan.

Pelaku UMKM perlu memperkuat branding, sertifikasi internasional, dan kemasan agar mampu menembus pasar luar negeri secara berkelanjutan. Dengan strategi yang tepat, ekspor bukan hanya peluang bisnis, tetapi juga jalan menuju kemandirian ekonomi nasional. (*)

TEMANISHA.COM